Pemicu Haid Tidak Lancar

Woman With Stomach PainHaid tidak lancar bisa disebabkan oleh banyak faktor. Pada wanita yang belum menikah, kita dapat pikirkan kemungkinan kelelahan fisik, psikis dan diet yang berlebihan. Ketiganya paling sering menjadi penyebab terjadinya perubahan pola haid sebab faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan pelepasan hormon-hormon reproduksi menjadi tidak teratur. Diet yang terlalu kuat misalnya dapat mengurangi bahan dasar pembuatan hormon estrogen  dan progesteron. Dimana keduanya dibuat dari lemak yag didapat dari makanan kita sehari-hari. Apabila asupan lemak kurang, maka pembentukan hormon pun berkurang.

Demikan pula dengan kekurangan vitamin dan mineral sebagai pengatur metabolisme hormon  dan organ-organ di seluruh tubuh. Kebalikan dari diet yang terlalu ketat ialah kegemukan. Seseorang yang kegemukan juga akan mempengaruhi pola haidnya. Oleh karena itu, jika Anda merasa sedang diet berlebihan atau memiliki berat badan yang berlebihan, maka segera perbaiki agar berat badan tercapai ideal. Selain itu, hindari stress atau depresi serta kelelahan fisik yang terlalu berat atau berlangsung lama.

Sementara itu, pola haid yang tidak lancar pada wanita yang sudah menikah dapat dipikirkan akibat penggunaan alat kontrasepsi atau KB. Pada alat KB 3 bulan, mungkin seseorang tidak akan mendapatkan haid sama sekali. Pada usia 40-50 tahun perlu dipikirkan kemungkinan jelang menopause sebagai penyebab ketidakteraturan pola haid.

Wanita menjelang menopause, kadar hormon  yang dimiliki wanita tidak sebanyak saat wanita tersebut masih muda. Dengan demikian, haid menjadi tidak teratur, jarang dan selanjutnya tidak haid sama sekali.

Beberapa faktor kemungkinan pemicu dari haid tidak lancar yang terjadi pada wanita, yakni  :

1. Kehamilan

Ketika hamil, tubuh wanita menghasilkan hormon yang menghentikan menstruasi. Atau, wanita tetap mengalami menstruasi namun lebih ringan dari biasanya.

2. Stres

Stres merupakan penyebab paling umum menstruasi tak teratur. Hormon stres, kortisol berdampak pada jumlah estrogen dan progesteron dalam tubuh. Jumlah hormon yang terlalu banyak dalam darah bisa menyebabkan perubahan siklus menstruasi.

3. Diet

Penyebab lain menstruasi tak teratur adalah asupan makanan dan berat badan. Konsumsi karbohidrat berlebihan dan kegemukan menjadikan tubuh memproduksi hormon tertentu yang menggeser masa ovulasi. Hal yang sama berlaku bagi perempuan yang kehilangan berat badan.

4. Olahraga

Tubuh membutuhkan energi agar terjadi menstruasi. Olahraga berlebihan dan membakar energi terlalu banyak membuat tubuh memerlukan waktu lebih banyak untuk mempersiapkan siklus menstruasi.

5. Pil KB

Minum pil KB membuat tubuh harus menyesuaikan diri selama beberapa bulan sebelum terbiasa dengan dosis hormon dalam pil KB.

6. Terlalu banyak minum alkohol

Hati membantu mengatur siklus menstruasi wanita dengan metabolisme estrogen dan progesteron. Minum alkohol berlebihan dapat menyebabkan kerusakan hati dan mungkin mengganggu hormon yang berkaitan dengan siklus menstruasi.

7.  Sindroma ovarium polikistik

Sebuah komplikasi yang menyebabkan terbentuknya kista pada indung telur yang mempengaruhi ovulasi. Gejala lain kondisi ini termasuk pertumbuhan rambut, berat badan, ketombe dan infertilitas. Komplikasinya termasuk endometriosis, kanker ovarium dan penyakit jantung.

8. Menopause

Seperti halnya kehamilan, tingkat hormon tubuh pada usia akhir 40-an atau awal 50-an akan menggeser siklus menstruasi.

9. Obat-obatan

Penggunaan obat-obatan haid tertentu mempengaruhi keterlambatan masa menstruasi selama beberapa hari. Sebab, obat mempengaruhi tubuh dalam memproduksi estrogen dan progesteron. Haid tidak lancar bisa diatasi dengan menggunakan bahan herbal dari ramuan tradisional untuk mengatasi haid tidak lancar.


=====================================

>>> Inti K&K Untuk Pengobatan Haid yang Tidak Lancar / Tidak Teratur, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Haid Tidak Lancar and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.