Faktor Haid Tidak Lancar

Faktor Haid Tidak Lancar – Siklus menstruasi yaitu suatu periode bulanan yang terjadi pada wanita, dimana sel telur yang tidak akan dibuahi keluar melalui alat organ wanita yaitu vagina  dalam bentuk darah. Namun, tidak hanya sedikit wanita dan mungkin juga pada anda tidak akan mengetahui bagaimana tanda dari siklus menstruasi teratur dan tidak teratur dan bagaimana  pengaruhnya untuk proses kehamilan.

Faktor Haid Tidak Lancar

Faktor Haid Tidak Lancar

Pada perubahan siklus menstruasi memang bisa saja terjadi pada wanita seperti mendapat menstruasi, terjadinya pendarahan menstruasi yang tidak sesuai dengan jadwal.  Yang biasanya terjadi pada siklus menstruasi yang tidak teratur buka merupakan hal yang serius, namun hal tersebut juga akan menjadi tanda yang bisa terjadi pada masalah kesehatan yang ada didalam rahim. Siklus menstruasi pada wanita yang normal dengan jarak 21 hari sampai 35 hari dan akan berlangsung selama 2 hingga 7 hari lamanya. Untuk remaja yang biasanya akan mengalami siklus menstruasi yang panjang (lebih dari 35 hari) atau tidak teratur. Dan semakin pendek dan lebih teratur dengan bertambahnya usia.

Mengatasi Haid tidak Lancar

Berikut ini ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dari faktor haid tidak lancar, yaitu :

  • Rajin mengkonsumsi anggur

Anggur adalah salah satu buah yang kaya manfaatnya. Salah satunya dengan memanfaatkan buah anggur yang sangat banyak untuk melancarkan haid adalah salah satunya. Jika anda rajin mengkonsumsi buah anggur, akan membantu dan melancarkan haid anda setiap bulannya.

  • Mengkonsumsi jus pepaya

Pepaya ternyata juga sangat bermanfaat untuk membantu dan melancarkan haid anda. Buat anda yang rajin mengkonsumsi atau minum jus pepaya diyakini akan mendapatkan haid secara teratur. Harga pepaya yang mudah dan mudah didapat anda bisa mengkonsumsinya dengan rajin agar melancarkan haid anda.

Ternyata selain bermanfaat untuk membuat kemilauan indahnya rambut. Ternyata selain bermanfaat untuk membuat kemilau indah rambut, si hijau yang berlendir ini juga mempunyai manfaat untuk melancarkan siklus haid. Anda dapat membuat jus dari lidah buaya dan mengkonsumsinya untuk mendapatkan haid yang teratur. Selain mendapatkan manfaat siklus haid teratur, anda juga akan mendapatkan kulit yang sehat.

  • Biji wijen

Biji wijen bukan hanya digunakan pada onde onde tapi juga bisa melancarkan menstruasi yang datang. Cara untuk membuatnya juga sangat mudah hanya dengan mengemil satu genggam biji wijen. Langkah selanjutnya, rendamlah biji wijen ke dalam air panas secukupnya. Keesokan harinya minum air yang sudah direndam dengan wijen.

  • Daun srigading

Sediakan bunga dan daun srigading, 2 kuntum bunga kusumba kering, ¾ sdt jintan hitam, ½ sdt adas, ½ jari pulosari, 2 buah jeruk nipis yang diperas, gula batu secukupnya. Setelah semua bahan dicuci dan dipotong-potong, rebus ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 ¼ gelas. Minum airnya setelah dingin, sebanyak 3 kali dalam sehari masing-masing sebanyak ¾ gelas.

  • Diet sehat dan olahraga

Makan makanan sehat yang lengkap nutrisi dan olahraga secara teratur bisa membantu untuk membuat menstruasi lebih teratur. Makanan apa yang dianjurkan? Makanan yang kaya akan antioksidan dan asam lemak omega-3 baik untuk kesehatan rahim. Latihan kardio ringan tiga kali seminggu juga dianjurkan dilakukan perempuan dengan menstruasi yang tidak teratur.

Faktor Haid Tidak Lancar

  • Perubahan berat badan

    Kenaikan atau berkurangnya berat badan secara signifikan dapat mengakibatkan faktor haid tidak lancar. Penambahan berat badan yang cukup nyata menandakan terjadinya gangguan tiroid yang dapat mengakibatkan berat badan naik, kondisi badan lesu , siklus haid menjadi tidak teratur, dan lain sebagainya.

  • Stress secara emosional

    Seorang wanita jika sedang diputus cinta, kehilangan orang terkasih, kehilangan pekerjaan, dan menghadapi masalah besar sering mengalami stress secara emosional, terutama yang masuk dalam faktor haid tidak lancar kategori stress berat. Ini dapat mengakibatkan proses perdarahan menjadi tidak teratur.

  • Kehamilan

    Jika Anda merupakan pasangan muda yang baru menikah, kehamilan dapat menjadi faktor haid tidak lancar. Segeralah lakukan tes kehamilan apabila setelah periode haid terlewati, Anda belum juga mengalami haid. Besar kemungkinan Anda hamil.

  • Menyusui

    Pasca melahirkan biasanya faktor haid tidak lancar. Ini disebabkan oleh faktor hormon prolaktin yang bertugas menghasilkan ASI. Ketika ibu menyusui, maka kadar hormon prolaktin dalam tubuh akan meningkat. Meningkatnya hormon prolaktin secara otomatis akan menurunkan hormon estrogen dan progesteron oleh tubuh. Padahal kedua hormon ini yang bertugas dalam menjalankan siklus haid. Akibatnya haid menjadi terlambat dan tidak teratur.

  • Periode perimenopause

    Perimenopause merupakan masa dimana wanita akan mengalami menopause (masa berakhirnya siklus haid terakhir). Adanya sejumlah perubahan pada siklus ini umumnya memang tidak membutuhkan perawatan medis dan dapat diterima, sedangkan apabila terjadi perdarahan yang cukup berat membutuhkan pemeriksaan lebih lanjut. Pendarahan yang terjadi setelah masa menopause merupakan sesuatu yang abnormal dan perlu untuk diamati lebih lanjut.

  • Penggunaan obat kontrasepsi

    Pada umumnya penggunaan obat kontrasepsi dapat mempengaruhi hormon estrogen dan progesteron sehingga dapat menyebabkan ketidakteraturan siklus haid. Selain itu pemakaian pil KB dapat mengakibatkan darah yang keluar menjadi sedikit atau seringkali malah membuat darah keluar lebih banyak pada saat haid berlangsung. Sedangkan penggunaan suntik KB pasca melahirkan berpotensi menyebabkan tidak teraturnya haid.

Faktor  Haid Tidak Lancar


=====================================

>>> Inti K&K Untuk Pengobatan Haid yang Tidak Lancar / Tidak Teratur, Klik Detail Disini!
=====================================


This entry was posted in Haid Tidak Lancar and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Comments are closed.